Rabu, 31 Juli 2013

Perbedaan universitas negeri dengan swasta

Universitas Negeri dengan Swasta mungkin untuk bebearapa orang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tidak hanya untuk orang awam saja namun orang yang telah mengerti pun kadang masih mempunya pemikiran sama.
 
pertama, tentang biaya, sudah menjadi rahasia umum bahwa masih banyak camaba ( calon mahasiswa ) lebih memilih universitas negeri daripada universitas swasta. karena menurut saya universitas negeri telah dibeli oleh pemerintah sedangkan untuk universitas swasta masih mengatas namakan yayasan. 
yang kedua, tentang kualitas, bukan hanya dari individu yang ingin kuliah tetapi dari orang tua camaba juga akan berfikiran bahwa universitas negeri kualitas nya akan lebih baik daripada universitas swasta. sekalipun universitas swasta tersebut telah terakreditasi A, tapi itu tidak menjamin untuk sebagian orang lebih memilih universitas swasta. 

yang ketiga, tentang susah gampangnya mendapatkan pekerjaan. Mungkin banyak orang yang berfikiran bahwa lulusan negeri akan lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan pekerjaan. ya, itu suatu pemikiran yang benar akan tetapi saya pernah mendengar cerita dari sahabat orang tua saya bahwa lulusan negeri itu mempersiapkan kelulusan anak didiknya untuk menjadi seorang peneliti saja, sedangkan untuk perguruan tinggi swasta menciptakan lulusannya itu sebagai tenaga kerja yang telah memiliki skill.  

1 komentar: