Rabu, 31 Juli 2013

Kemajuan Ilmu Teknologi

Kemajuan Ilmu Teknologi (IT) bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi teknologi telah menimbulkan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya penyalah gunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Dalam era Globalisasi saat ini, banyak sekali alat-alat canggih yang digunakan manusia untuk lebih mempercepat kegiatan dalam aktivitas sehari-hari, nama modern adalah “ Gadget “. Segala macam alat elektronik mulai dari Handphone, Laptop, sampai yang terbaru sekarang adalah Ipad sampai Iphone. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pun telah memiliki apa itu yang dinamakan Gadget. Tidak hanya untuk kalangan orang dewasa saja, namun anak kecil yang masih berada dalam bangku Sekolah Dasar pun telah menggunakan Handphone tercanggih atau biasa yang disebut dengan Smartphone.
Zaman ini banyak sekali perusahaan-perusahaan elektronik yang berlomba untuk memproduksi barang-barang canggih. Tidak luput dari adanya Globalisasi serta Modernisasi yang melanda era pada zaman sekarang. Semua manusia ingin apapun yang dilakukan serba cepat, murah, dan instan. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan elektronik menciptakan teknologi yang lebih canggih dari sebelumnya.
Menurut saya, dari perkembangan IT mempunyai dampak positif dan negatif :
  • Dampak positif
  • Manusia akan lebih mudah dalam mengakses internet melalui Gadget masa kini. Contohnya, akses para pelajar dalam mencari dan mempermudah pengerjaan tugas
  • Lebih di permudah dalam berhubungan jarak jauh melalui handphone
  • Kemudahan bertransasksi
  • Dampak negative
  • Manusia akan semakin malas karena ingin semua yang diinginkan serba instan
  • Dapat pula disalah gunakan oleh manusia untuk hal penipuan. Contohnya, pembobolan ATM ataupun pengiriman sms palsu dengan jalan ingin meminta pulsa
  • Penyalahgunaan situs-situs porno
  • Penipuan online
Dalam hal ini kita sebagai manusia yang paham akan dampak-dapak positif maupun negative harus lebih cerdas dalam penggunaan gadget jangan sampai kita dibodohi oleh suatu barang elektronik tersebut. Bisa dibilang jangan sampai smartpeople kalah dengan smartphone (gadget).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar